Ini Prakiraan Cuaca Tiga Harian BMKG Untuk Wilayah Madura

Prakiraan Cuaca
Mendung menyelimuti sebagian wilayah di perairan Kalianget Sumenep, Selasa (12/1). (FOTO: Badri Stiawan/MI)

maduraindepth.com – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Madura. Sebagai peringatan dini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memperbaharui informasi prakiraan cuaca di wilayah Jawa Timur, termasuk di Pulau Garam.

Berdasarkan rilis resmi BMKG, untuk Selasa (12/1) potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Pamekasan dan Sampang pada Siang hingga Sore hari. Sedangkan di Sumenep pada malam hari.


Pada Rabu (13/1), BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk pada pagi hari untuk wilayah Sumenep, Pamekasan dan Sampang. Kemudian Siang sampai Sore diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di wilayah Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep. Malam harinya, potensi tersebut diperkirakan terjadi di wilayah Sumenep saja.

Selanjutnya, Kamis (14/1), potensi kondisi cuaca serupa perlu diperhatikan masyarakat wilayah Pamekasan dan Sumenep pada Siang hari.

Kepala BMKG Kalianget Usman Khalid menjelaskan, prakiraan cuaca tiga harian itu merupakan peringatan dini kepada masyarakat agar tetap waspada. Sehingga pada saat terjadi cuaca buruk, masyarakat sudah siap siaga menghadapi kondisi tersebut.

“Untuk potensi banjir saat ini di level waspada. Kami harap masyarakat terus mengikuti perkembangan informasi prakiraan cuaca,” ucap Usman. (BAD/MH)