Empat Gepeng Diamankan, Satpol PP Temukan Sajam

0
54
Gepeng ditangkap satpol pp
Para Gepeng saat diangkut menggunakan kendaraan patroli Satpol PP Sumenep. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Empat orang gelandangan dan pengemis (Gepeng) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. Mereka diamankan pada Rabu (12/2) kemarin sekitar pukul 13:00 WIB saat dilakukan patroli insidentil di kawasan Kota.

Keempat orang tersebut yakni, Abdul, warga Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng dan Misnatun, warga Desa Padangdangan, Kecamatan Pasongsongan. Kemudian Yusuf, warga Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan dan Isnuri, warga Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan.

Dalam patroli insidentil tersebut, petugas Satpol PP menyisir sejumlah titik di wilayah perkotaan. Diantaranya jalan Halim Perdana Kusuma, jalan KH. Wahid Hasyim, jalan Veteran dan jalan Trunojoyo.

Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Trantibum Linmas), Fajar Santoso menyebutkan, kawanan Gepeng tersebut ditertibkan guna mengurangi penyakit masyarakat. “Karena ini merupakan penyakit kambuhan. Sudah ada beberapa yang pernah kita tangkap,” ucapnya.

Sejumlah barang bukti (BB) berupa uang dan senjata tajam (Sajam) juga diamankan oleh petugas. Sajam tersebut didapatkan dari salah satu Gepeng itu.

“Setelah saya tanya, Sajam tersebut digunakan untuk menyabit rumput. Tapi bagaimana pun, yang namanya Sajam tetap kita amankan,” ujar dia.

Selanjutnya, para Gepeng tersebut akan diserahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep untuk dilakukan pembinaan. “Entah itu nantinya dilakukan pembinaan atau diserahkan kepada kepala desa (Kades) atau keluarganya,” tandasnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak punya kewenangan dalam penindakan senjata tajam. “Karena kita hanya menertibkan dan menindaklanjuti ke dinas terkait,” pungkasnya. (MR/MH)