Agar Terhindar dari Covid-19, Warga Pulau Mandangin Lakukan Ritual Ini

Pulau Mandangin
Warga Pulau Mandangin di tengah laut saat hendak melepas sesajen. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Masyarakat di Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang memiliki cara unik agar terhindar dari pandemi Covid-19. Mereka melakukannya dengan cara membaca salawat keliling desa hingga melarung sesajen di tengah laut.

Warga Desa Pulau Mandangin, Ainun Najib mengatakan pembacaan salawat merupakan salah satu ikhtiar agar terhindar dari wabah virus mematikan itu. Dia meyakini, agar terhindar dari Covid-19 warga juga harus meletakkan sesajen di tengah laut.


“Salah satu warga kami dapat petunjuk, bahwa selain salawatan perlu meletakkan sesajen di lokasi bhujuk di tengah laut,” jelasnya, Jumat (2/7).

Sebelum sesajen dilepaskan ke tengah laut, warga desa mendatangi makam bhujuk Bangsacarah dan Raga Patmi guna memberikan satu nasi tumpeng. Kemudian melanjutkannya ke Jembatan Dermaga.

“Rencananya keliling desa, cuma karena angin kencang terpaksa hanya ke arah timur dan barat, terakhir ke bujuk putih untuk pelepasan jhitek atau sesajen,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, selain bertujuan agar wabah virus corona hilang, masyarakat juga mengharapkan kelancaran rezeki bagi warga yang mayoritas pekerjaannya sebagai nelayan.

“Semoga pandemi Covid-19 cepat diangkat oleh Allah SWT serta masyarakat bisa terhindar dari paparannya,” pungkasnya (Alim/MH)