Adakan Syukuran, Pulau Mandangin Gelar Tradisi Rokat Tase’

0
114
Pulau Mandangin Rokat Tase'
Proses hias jitek yang akan dilarung di tengah laut. (Foto: AW/MI)

maduraindepth.com – Nelayan di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, bersiap-siap menggelar kegiatan tradisi petik laut atau rokat tase’. Acara yang akan dilaksanakan pada Sabtu (13/12) ini akan dihadiri langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan wakilnya H. Abdullah Hidayat.

Kepala Desa (Kades) Pulau Mandangin, Saiful Anam mengatakan, kegiatan petik laut atau rokat tase’ ini dalam rangka selamatan desa. Selain itu, kata Saiful, kegiatan ini juga untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa kepada masyarakat dan para nelayan.

Kegiatan ini, terang Saiful, merupakan program pemberdayaan masyarakat (PPM) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) tahun 2019.

“Dengan adanya acara ini saya berharap Desa Pulau Mandangin menjadi makmur dan para nelayan diberi keselamatan saat melaut sehingga hasil tangkapannya melimpah,” tutur Saiful berharap, Jum’at (13/12).

Selain itu, tambah Saiful, kegiatan ini juga untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat nelayan. “Pada intinya kegiatan ini adalah untuk mensyukuri nikmat Allah SWT kepada masyarakat pulau Mandangin yang mayoritas bekerja di laut sebagai nelayan,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Petik Laut Pulau Mandangin, Asmara mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Yakni mulai tanggal 13 sampai 15 Desember 2019.

Dijelaskan Asmarah, selama tiga hari ada sebanyak delapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam acara petik laut atau rokat tase’ ini. Diantaranya, Khotmil Qur’an, Pertunjukan Seronin, Pertunjukan Sinden, Ludruk, Pelepasan Jitek dan Istighasah.

“Pelepasan jitek merupakan acara puncak rokat tase’ ini. Dan jitek ini akan dilarung di tengah laut” terang Asmarah.

Dia mengungkapkan, kegiatan yang akan diikuti oleh para nelayan ini akan dihadiri oleh Bupati Sampang dan Wakil Bupati. “Insya Allah pak Bupati dan pak Wabup akan hadir,” ujarnya. (MH/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here