Rumah Komunitas Membaca Siap Tingkatkan Budaya Literasi Anak Muda Desa

0
39
Rumah Komunitas Membaca
Kondisi kegiatan rumah komunitas baca saat menjalankan aktivitas literasi. (Foto: RUK/MI)

maduraindepth.com – Rumah Komunitas Membaca (RKM) di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan siap meningkatkan budaya literasi bagi anak muda di desa setempat, Senin (2/12/2019)

Ketua RKM, Akhmad Syafii (23) mengatakan, hadirnya komunitas ini untuk mengajak pemuda terutama anak muda yang masih usia dini untuk bersama-sama membantu membangun desa lewat budaya literasi. “Maka dengan adanya Rumah Komunitas Membaca dapat mendorong anak berkumpul dan berlajar bersama sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan lewat budaya literasi,” ungkap pria lulusan IAIN Madura itu.

Namun sejak adanya komunitas, lanjut Syafi’i, masih banyak kendala. Diantaranya minimnya koleksi buku bacaan. “Maka saya harap kepada semua pemerintah terkait untuk ikut membantu buku, agar generasi anak muda dapat semangat dalam memilih buku bacaan,” tandasnya.

Dia melanjutkan, adanya komunitas ini perlu dorongan pemerintah terkait agar komunitas ini dapat berinovasi serta dapat meningkatkan minat baca anak muda sejak dini. Sehingga di tahun yang selanjutnya generasi muda tidak ada yang buta huruf.

“Jadi semua generasi muda dapat menjadi pemuda yang hebat dan dapat menjadi desa yang maju,” tandasnya. (RUK/MH)