Ikuti Program 2 SKS, Siswa MAN Bangkalan Lulus 2 Tahun, Kini Diterima di PTN

MAN Bangkalan
Siswa-siswi MAN Bangkalan saat kirab sebelum prosesi wisuda berlangsung. (FOTO: MI)

masuraindepth.com – Sebelas siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mereka adalah siswa yang menempuh program layanan 2 SKS (sistem kredit semester). Dengan program tersebut, mereka hanya menyelesaikan sekolah di MAN Bangkalan hanya dalam dua tahun.

MAN Bangkalan memiliki empat jurusan. Diantaranya jurusan Bahasa, Agama, IPS, dan IPA. Keempat jurusan tersebut bisa ditempuh lebih cepat oleh para siswa sesuai dengan kecerdasan dan kemampuan melalui program 2 SKS lulus dalam 2 tahun.


Waka Humas MAN Bangkalan, Hasan mengatakan, pada tahun ajaran 2021-2022 ini, sebanyak 18 siswa dari jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dinyatakan lulus melalui program layanan 2 SKS. Sebelas diantaranya sudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Diantaranya di UTM, UNESA, UINSA, UIN Maliki, UIN Sunan Kalijaga, hingga UGM.

“Untuk program 2 SKS yang saya tahu satu-satunya yang ada hanya di MAN Bangkalan,” ujar Hasan, Kamis (9/6).

Sementara 423 siswa-siswi MAN Bangkalan dinyatakan lulus dan diwisuda pada Rabu (8/6) pagi, di Gedung Ratoh Ebuh. Hasan mengatakan, ratusan pelajar yang lulus, kini ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kemudian ada juga yang diterima bekerja, hingga menikah atau berkeluarga.

“Kalau yang kami rekom untuk masuk perguruan tinggi 75 persen dari yang lulus,” imbuhnya.

Baca juga:  Bupati Beserta Istri Terkonfirmasi Covid-19

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menghadiri prosesi wisuda siswa-siswi MAN Bangkalan. Dia berpesan agar supaya lulusan MAN Bangkalan tidak hanya unggul dalam prestasi, namun juga mampu menjadi pilar pembangunan akhlak generasi muda.

Selain itu, Ra Latif juga berharap para siswa yang telah diwisuda tetap memiliki keinginan untuk melanjutkan studi. Sehingga wawasan dan skillnya terus bertambah.

“Selamat dan sukses kepada MAN Bangkalan serta seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik,” ucapnya. (M22/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here