Baksos DPRD: Baihaki Himbau Pedagang Jaga Kebersihan Pasar

0
66
BAKSOS DPRD: Baihaki (tengah) Anggota Komisi II DPRD Sampang ketika memungut sampah di pasar tradisional kecamatan Kedungdung, Sampang, Sabtu 30 November 2019. (RIF/MI)

maduraindepth.com- Kepedulian terhadap lingkungan ditunjukkan oleh anggota komisi II dan IV DPRD Sampang. Para wakil rakyat tersebut menggelar bakti sosial (baksos) Clean Up Pre-Chapter #6 di pasar Kedungdung, Sampang , Madura, Sabtu (30/11/2019).

Baihaki, legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ditemui di lokasi Baksos mengatakan, untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, perlu ada kesadaran dari setiap pribadi masyarakat. Sebab, kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan warga sekitar khususnya bagi pedagang pasar.

Menurutnya, kondisi dan tata kelola pedagang di pasar kedungdung yang semrawut, membuat pasar terlihat kumuh dan tak jelas penataannya.

“Banyak sampah yang berserakan di area kios pedagang dan di beberapa saluran air,” kata ketua fraksi PKB tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Sampang tersebut menilai, selain menyebabkan saluran air mampet, sampah-sampah yang berserakan juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan bahkan menjadi sarang nyamuk yang membahayakan, terlebih saat ini akan memasuki musim penghujan.

“Saat ini sudah mulai turun hujan, jika sampah-sampah ini dibiarkan, maka akan menghambat aliran air di saluran tersebut,” terangnya.

Baihaki berharap, para pedagang agar lebih dapat menjaga kebersihan pasar, mengingat pasar merupakan salah satu tempat perputaran perekonomian dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kebersihan merupakan bagian dari iman, maka menjaga kebersihan itu sangat penting,” tegasnya.

Kepada masyarakat khususnya para pedagang di pasar kedungdung, Baihaki menghimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di saluran air. “Buanglah sampah ke tempat sampah yang sudah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang,” himbaunya. (RIF/AW)