Jembatan Timbang di Plakaran Beralih Fungsi Jadi Tempat Parkir Truk

Jembatan timbang
Petugas Dishub Sampang memantau jembatan timbang yang sudah lama mangkrak di Desa Plakaran. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Jembatan timbang yang berlokasi di Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang beralih fungsi menjadi lahan parkir truk. Bahkan sejumlah warga mendirikan warung di area jembatan timbang milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Lalulintas dan Angkutan Jalan Dishub Sampang, Khotibul Umam mengonfirmasi, pihaknya sudah mengantongi izin dari Dishub Jatim untuk mengalihfungsikan jembatan timbang yang terbengkalai tersebut menjadi lahan parkir truk. Apalgi hingga saat ini Kabupaten Sampang belum memiliki lahan parkir khusus truk atau kendaraan muatan berat.

“Ke Pemprov sudah melapor dan diizinkan untuk digunakan lokasi parkir truk,” ujar Umam, Selasa (15/11).

Umam mengatakan, selama ini banyak truk yang parkir di pinggir jalan. Terutama di gerbang masuk Sampang Kota yang berlokasi di Jl. Raya Pliyang. Kemudian ada juga yang parkir di sebelah Terminal Trunojoyo.

Menurutnya, truk parkir di pinggir bisa rawan dan mengakibatkan terjadi kecelakaan lalulintas. “Gara-gara parkir di pinggir jalan, pernah ada kejadian truk ditabrak minibus,” ungkapnya.

Umam mengungkapkan, sebelum pihaknya mengantongi izin pengalihfungsian, jembatan timbang itu sebenarnya sudah lama menjadi lahan parkir. Tidak sedikit sopir yang berhenti di jembatan tersebut hanya sekadar untuk istirahat.

Di sisi lain, pihaknya juga memfasilitasi warga yang buka warung di area tersebut dengan memasang lampu penerang. Tujuannya agar mereka bisa buka meski malam hari.

“Biar rame dan jalan dekat jembatan timbangan lebih terang untuk menghindari laka di tengah malam, apalagi sopir truk bisa ngopi dan istirahat,” imbuhnya. (Alim/MH)